7 Pesepakbola yang Pernah Berkarir di Luar Negeri Asal Indonesia

Pesepak bola yang pernah berkarir di luar negeri memberikan prestasi yang baik bagi negaranya. Ada banyak pemain sepak bola yang pernah menorehkan berbagai pertandingan di lapangan. Namun tidak semua pemain dapat berkesempatan untuk berkarir di luar negeri.

Di Indonesia sendiri, pesepak bola yang pernah bertanding di luar negeri masih bisa terhitung jumlahnya. Ada beberapa pemain dapat membawa nama Indonesia hingga ke luar negeri, siapa saja itu?. Dalam pembahasan kali ini akan mengangkut topik pesepak bola yang pernah berkarir di luar negeri. Beberapa pemain tersebut adalah sebagai berikut.

Pesepak Bola yang Pernah Berkarir di Luar Negeri

Pesepak Bola yang Pernah Berkarir di Luar Negeri Sebagai Berikut

Ferdinand Sinaga, Kelantan FA (2018)

Ferdinand resmi dikontrak oleh Malaysia Kelantan FA pada Kamis, 4 Januari 2018 lalu. Ferdinand Sinaga merupakan mantan pemain PSM Makasar. Ia juga pernah menduduki topskor di Asean Games 2014. Di Kelantan FA, Ferdinand diharapkan mampu meraih prestasi di ajang Malaysia Super League.

Ryuji Utomi, PTT Rayong (2018)

Pesepak bola yang pernah berkarir di luar negeri. Ryuji Utomo saat ini resmi bergabung dengan sala satu klub Thailand, yaitu PTT Rayong. Sebelumnya Ryuji merupakan bek andalan di timnas U-22 2017.

Kali ini Ryuji akan bermain di Liga 2 Thailand, kepastian itu sudah disampaikan oelh agennya yang bernama Gabriel Budi. Kedatangan Ryuji ke Thailand diharapkan mampu memberikan perolehan bagi klub dan mampu meningkatkan kasta klub Thailand tersebut.

Evan Dimas dan Ilham Udin, Selangor FC (2018)

Dua pesepak bola ini saat ini sedang bermain di klub Selangor FC. Mereka akan bertandingn di Malaysia Super League musim 2018. Evan Dimas dan Ilham Udin merupakan sepasang duet gelandang yang pernah bermain di timnas.

Pasalnya Malaysia mengontrak keduanya selama satu tahun ke depan. Diharapkan duet gelandang ini dapat meraih kesuksesan seperti pemain sebelumnya dari Indonesia yang dipakai oleh Selangor, Bambang Pamungkas, Ellie Aboy, dan Andik Virmansyah.

Irfan Bachdim (2014)

Pemain berketurunan Belanda ini sudah berkarir di Jepang sejak 2014 lalu. Irfan merupakan pesepak bola pertama dari Indonesia yang pernah berlaga di J-League yang merupakan kompetisi level tertinggi di Jepang. Saat ini Irfan bermain dengan Consadole Sapporo di J-League 2 sejak 2015 lalu. Meski sebelumnya ia juga pernah berkompetisi di Belanda dan Thailand.

Andik Virmasnyah (2015)

Pesepak bola yang pernah berkarir di luar negeri. Gelandang timnas ini sempat menorehkan prestasi bersama Selangor FC, Malaysia. Saat bermain di Malaysia, Andik membawa kesuksesan karena klubny dapat menjuarai Malaysia Cup dan menempati posisi kedua Malaysia Super League.

Saat itu, pemain asal Persebaya Surabaya ini juga sempat diminati oleh klub Jepang, Ventfloret. Namun, Andik Firmansyah lebih memilih untuk bergabung dengan Selangor FC.

Elie Aboy dan Bambang Pamungkas (2005)

Elie Aboy dan Bambang Pamungkas sudah jauh lebih dulu pernah berlaga di Malaysia bersama Selangor FC. Di Malaysia, Aboy dan Bambang berhasil mendapat gelar untuk klub dan pribadi. Yaitu gelar treble Malaysia Premier League, Malaysia FA Cup, dan sebagai pemain terbaik Malaysia FA Cup pada musim pertama pada tahun 2015.

Setelah dua musim berkarir di Malaysia, pemain gelandang Elie Aboy tersebut sempat kembali ke Indonesia sebelum akhirnya kembali ke Selangor FC.

Bima Sakti (1994-1995)

Bima Sakti merupakan mantan kapten tim nasional Indonesia yang pernah berlatih di Italia pada tahun 1994-1995. Pemain yang sudah berusia 40 tahun lebih ini dulu pernah mendapat kesempatan untuk berkompetisi bersama klub sepak bola Eropa. Bima saat itu bergabung dengan klub asal Swedia Helsingborg IF. Namun pada saat itu, pemain lama ini hanya bisa bertahan sekana satu musim saja.

Itulah beberapa pesepak bola yang pernah berkarir di luar negeri bahkan ada yang hingga sekarang. Banyak pemain Indonesia yang berhasil meraih pencapaian bersama klubnya di luar negeri.

Nama-nama ini membuktikan bahwa potensi Indonesia di sepak bola tergolong tinggi. Banyak pemain dari Indonesia yang diincar oleh klub dari negara lain. Dari tahun ke tahun banyak pemain Indonesia yang diminta oleh klub luar negeri untuk berkompetisi bersama klub tersebut di negaranya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prediksi Bola Malam Ini
spbo