Beberapa Tim Sepak Bola Indonesia yang Berjaya di Kancah Dunia

Tim sepak bola Indonesia bukan hanya bermain dalam laga-laga yang digelar di Indonesia,  namun ada sebagian klub-klub yang mencoba peruntungannya di laga yang digelar di luar negeri. Baik laga resmi maupun yang diadakan oleh pihak swasta.

Untuk klub yang berhasil meraih juara di Piala Presiden Indonesia sudah pasti akan berangkat menjadi wakil Indonesia untuk pertandingan di Asia. Namun, sebelum keluar sebagai juara mereka harus bekerja keras bertanding dengan gigih melawan klub-klub yang ada Indonesia sampai akhirnya mendapat gelar juara dan berhak menjadi satu-satunya klub yang menjadi wakil negara Indonesia.

tim sepak bola indonesia

Seperti klub Persija Jakarta, tim di bawah kapten lapangan Ismet Sofyan ini saat ini sedang berlaga di AFC 2018 setelah mampu meraih gelar juara di Piala Presiden 2018 dengan mengalahkan tim kuat Bali United. Membawa nama besar Indonesia tentunya bukan perkara yang mudah, ada beban sendiri yang harus dibawa.

Saat berlaga di Indonesia mereka membawa nama daerah dan klub tentunya, namun saat menjadi wakil Indonesia mereka membawa nama Tanah Air Indonesia. Sebuah tanggung jawab yang tentunya tidak mudah karena lawan yang akan mereka hadapi juga klub-klub besar di Asia.

Apalagi seperti diketahui, pesepak bolaan di Indonesia sedang mengalami pasang surut, setelah sanksi disiplin yang dijatuhkan oleh  FIFA sehingga tim sepak bola Indonesia belum dalam kondisi yang prima karena masih berbenah setelah permasalahan-permasalahan yang terjadi.

Beberapa Tim Sepak Bola Indonesia yang Pernah Membuat Bangga

PSM Makassar

Setelah lolos menjadi juara liga Indonesia pada tahun 1999/2000, PSM Makassar melanjutkan tugasnya menjadi wakil Indonesia di Liga Champions Asia. Torehan yang membanggakan saat PSM Makassar mampu  lolos ke babak perempat final di Liga Champions Asia tersebut.

Sebuah perolehan luar biasa oleh tim sepak bola Indonesia ini yang mampu mengalahkan beberapa lawan klub besar sebelumnya. Dalam babak penyisihan PSM Makassar harus melawan tim besar dari Vietnam, Lam Nge Ahn dan  tim Royal Thai Air Force dari Thailand. Dengan modal tiga kali menang dan satu hasil imbang, membawa PSM Makassar melaju ke babak perempat final.

Namun, mereka gagal melaju ke babak selanjutnya setelah dikalahkan oleh tim dari Tiongkok Shandong  Luneng, Suwon Samsung Bluewings dari Korea Sekatan dan  Jubilo Iwata tim dari perwakilan negara Jepang.

Persipura Jayapura

Tim sepakbola dari ujung timur Indonesia itu adalah tim yang paling aktif dalam laga di Asia. Dengan menjuarai laga di Indonesia sebanyak empat kali, membuat tim yang berjuluk mutiara hitam ini aktif dalam laga AFC Cup maupun Liga Champions Asia.

Perolehan yang paling membanggakan adalah saat Persipura Jayapura mampu menembus babak semifinal di AFC tahun 2014 setelah mengalahkan juara bertahan  Kuwait SC di babak perempat final. Namun sayang langkah dari tim Indonesia itu harus berhenti di semifinal setelah dipaksa mengakui  keunggulan tim Al-Qaidsa.

Semen Padang

Keluar sebagai juara Liga Premier Indonesia tahun 2012/2013  membuat Semen Padang berhak menjadi wakil Indonesia di Laga AFC Cup. Semen Padang membuktikan mereka adalah salah tim sepak bola Indonesia yang terbaik dan mampu menjadi wakil  Indonesia di kancah Asia dengan berhasil memenangkan 16 laga yang dilakoninya.

Perolehan ini membuat Semen Padang melaju dengan mudah ke tahap selanjutnya. Namun, disayangkan sekali langkah mulus dari Semen Padang harus dijagal oleh tim kesebelasan dari India East Bengal yang memaksa Semen Padang menghentikan langkahnya.

Arema FC

Tim kebanggaan arek-arek Malang ini memang sudah menjadi penguasa di liga-liga Indonesia. Setumpuk prestasi banyak yang diukir oleh tim dengan suporter Aremania Singo Edan itu. Mereka juga sering kali menjadi wakil Indonesia di kancah Asia seperti di Liga Champions Asia ataupun Liga AFC Cup. Mental juara di Indonesia menjadi dasar dan modal untuk berkiprah di pesepak bolaan kelas Asia.

Torehan terbaiknya adalah saat mampu menjadi wakil Indonesia yang masuk ke babak   perempat final Liga AFC Cup 2012. Namun, sayang langkah kaki tim sepak bola Indonesia itu harus berhenti setelah dihadang oleh musuh kuat, tim asal Arab Saudi, Al Ettifaq.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prediksi Bola Malam Ini
spbo