Daftar Pemain Naturalisasi Indonesia Tahun 2018

Pemain Naturalisasi Indonesia mulai banyak ditemui di klub-klub sepak bola tanah air. Program naturalisasi ini mulai berjalan tahun 2010 untuk mendorong prestasi timnas Indonesia. Namun makin ke sini, tujuan itu makin tergeser. Bukannya mendorong prestasi pemain dalam negeri, adanya pemain naturalisasi ini justru berdampak pada berkurangnya kuota pemain lokal. Padahal kualitas pemain lokal tidak kalah dengan pemain asing.

Belakangan ini ada banyak klub yang menggunakan pemain asing yang berlabel WNI. Entah mengapa strategi mengontrak pemain asing ini disukai banyak klub. Padahal beberapa di antaranya justru bermain tidak maksimal. PSSI tidak ikut campur secara langsung dalam proses naturalisasi. Semua diserahkan pada klub masing-masing. Hanya saja PSSI tetap membatasi jumlah pemain naturalisasi yang diperbolehkan di setiap klub.

pemain naturalisasi indonesia

Deretan Pemain Naturalisasi Indonesia

Cristian Gonzales (Uruguay)

Gonzales diangkat menjadi WNI pada 1 November 2010. Naturalisasi dilakukan karena timnas Indonesia perlu striker tajam untuk melakoni Piala AFF 2010. Meski akhirnya dikalahkan Malaysia pada final Piala AFF 2010, pesepak bola Uruguay itu tetap dikenal sebagai salah satu striker yang paling produktif.

Kim Jeffrey Kurniawan (Jerman)

Kim yang merupakan cucu legenda timnas Indonesia dan Persija, Kwee Hong Sing, baru mengantongi paspor Indonesia pada Desember 2010. Tampil dari bangku cadangan saat Indonesia menaklukkan Myanmar di sebuah laga persahabatan merupakan satu-satunya pengalaman Kim sebagai penggawa timnas. Saat ini, Kim sedang membela Persib Bandung.

Victor Igbonefo (Nigeria)

Pemain naturalisasi Indonesia ini resmi menjadi WNI pada 10 Oktober 2011. Debut internasionalnya baru didapat pada 2013 karena Indonesia akan menghadapi Arab Saudi di ajang Kualifikasi Piala Asia 2015. Sementara ini, bek berusia 32 tahun itu sudah membela timnas sebanyak 14 kali.

Jhonny Rudolf van Beukering (Belanda)

Van Beukering resmi dinaturalisasi pada 10 October 2011. Pertandingan Indonesia kontra Malaysia pada Piala AFF 2012 merupakan kesempatan pertama dan terakhirnya untuk membela timnas. Setelah itu, van Beukering tidak pernah dipanggil timnas lagi dan lebih memilih pergi ke salah satu klub amatir Belanda hingga kini.

Ruben Wuarbanaran (Belanda)

Ruben dinaturalisasi pada 2011 untuk mengikuti seleksi timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2011. Sayang, bek kelahiran 15 Agustus 1990 itu malah gagal bersaing dan tidak lolos seleksi. Performa pemain naturalisasi Indonesia mantan penduduk Belanda itu juga makin merosot ketika bergabung dengan Pelita Jaya dan Barito Putera.

Diego Michiels (Belanda)

Diego Michiels yang saat ini berusia 27 tahun masih bermain sebagai bek sayap Borneo FC di Liga 1 Indonesia 2017. Dia sudah tampil sebanyak 20 kali bersama timnas Indonesia dan 16 di antaranya adalah untuk timnas U-23.

Stefano Lilipaly (Belanda)

Lilipaly sudah mendapatkan paspor WNI pada Oktober 2011. Namun, debutnya sebagai penggawa timnas baru didapat pada 2013. Hingga saat ini, Lilipaly masih menjadi pemain andalan di timnas senior Indonesia dan Bali United.

Greg Nwokolo (Nigeria)

Greg dinaturalisasi pada Agustus 2011. Debutnya sebagai penggawa timnas baru didapat lewat Kualifikasi piala Asia 2015. Setelah tampil sebanyak enam kali dan mencetak satu gol, Greg belum pernah dipanggil lagi menjadi pemain timnas. Musim ini, Greg tampil subur sebagai penggawa Madura United.

Raphael Maitimo (Belanda)

Maitimo sudah diajak PSSI membela timnas Indonesia sejak 2010. Namun, proses naturalisasi baru selesai menjelang Piala AFF tahun 2012. Maitimo merupakan salah satu pemain naturalisasi terbaik yang pernah ada karena selalu dipilih meskipun timnas berganti pelatih sebanyak lima kali.

Tonnie Cusell (Belanda)

Pemain naturalisasi Indonesia ini memperkuat timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2012. Kontribusinya tidak terlalu baik karena hanya dimainkan sebanyak dua kali dan tidak menyumbang gol sama sekali. Setelah Piala AFF 2012, Cusell tidak pernah membela timnas lagi dan memutuskan pensiun ketika usianya menginjak 33 tahun pada 2016.

Ilija Spasojevic (Montenegro)

Spasojevic resmi menjadi WNI pada Rabu 25 Oktober 2017. Motivasinya melepas kewarganegaraan Montenegro dikarenakan semakin cinta dengan Indonesia. Sambil berkarier di Tanah Air sejak 2011, Spasojevic menikahi wanita asal Makassar dan sudah dikaruniai dua anak.

Dari beberapa pemain naturalisasi Indonesia, contohnya Cristian ‘El Loco’ Gonzales, Kim Jeffrey Kurniawan, dan Victor Igbonefo yang sama-sama dinaturalisasi tahun 2010 tidak semuanya bersinar di Indonesia. Hingga sekarang hanya Gonzales yang sering memperkuat timnas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prediksi Bola Malam Ini
spbo