Fakta Tentang Bonek Yang Belum Banyak Diketahui Orang

Siapa yang tidak kenal dengan bonek? Supporter militan yang selalu membela Persebaya ini memang salah satu pendukung klub yang populer di tanah air. Setiap kali ada bonek, pasti selalu ada berita. Namun ada banyak pihak yang tidak tahu fakta tentang bonek yang pasti akan dipahami hanya oleh bonek sejati.

Sama seperti para pendukung setia klub bola lainnya, Bonek sebenarnya hanyalah orang-orang loyal yang memiliki totalitas dalam membela tim kesayangan mereka. Namun, ulah oknum yang tidak bertanggung jawab akhirnya ikut mencoreng nama besar Bonek. Tak ayal hingga kini Bonek selalu dianggap sebagai biang kerusuhan saat ada pertandingan.

fakta tentang bonek

Fakta Tentang Bonek Yang Kerap Kali Diabaikan

Ciri Khas Jelas

Membawa bendera Persebaya dan juga atribut warna serba hijau adalah ciri khas dari para Bonek. Istilah nama Bonek sendiri sebenarnya datang karena dahulu memang para pendukung ini, ketika datang mendukung tim kesayangannya, hanya membawa diri alias tidak membawa apa-apa lagi. Sehingga dijuluki “Bondho Nekat” alias Bonek.

Bondho adalah bahasa Jawa yang berarti harta. Memang demikianlah Bonek. Mereka datang tanpa harta, hanya bermodalkan kenekatan. Itulah sebabnya mereka sering seenaknya, terutama memaksa masuk stadion padahal tidak memiliki tiket. Cinta yang membabi buta memang seringkali menghilangkan akal sehat. Namun untuk ukuran loyalitas, jangan tanyakan lagi kepada mereka.

Pendukung Militan

Tak pandang tempat berlaga, selama ada Persebaya, maka bisa dipastikan Bonek akan ada di sana. Dengan semangat khas orang Jawa Timur yang lugas dan pemberani, mereka pun tidak segan menyambangi daerah yang jauh dari Surabaya hanya untuk memberikan dukungan kepada klub yang mereka cintai. Bahkan tidak jarang mereka nekat datang ke tempat yang jauh walau akhirnya tidak bisa pulang.

Stadion tempat Persebaya bertanding akan selalu menghijau, itu adalah fakta tentang bonek yang tidak bisa ditepiskan. Keadaan ini memang terkadang membuat kuatir, karena Bonek memang terkenal nekat dan beringas. Maka dari itu pengamanan stadion dan sekitar tempat berlaga pun kerap kali dijaga pihak keamanan dengan kuantitas ekstra.

Anggota Sangat Banyak

Hampir semua warga Surabaya adalah Bonek. Tapi bukan berarti masyarakat lain di luar wilayah Surabaya tidak bisa ikut bergabung dengan laskar yang selalu semangat setiap kali mendukung tim-nya bertanding ini. Keterbukaan membuat banyak orang juga cinta dan ikut mendukung Persebaya dan menyematkan diri sebagai anggota Bonek.

Maka dari itulah anggota Bonek merupakan salah satu yang terbanyak di antara suporter sepak bola lainnya di tanah air, itu adalah fakta tentang bonek yang benar adanya. Sebagai salah satu pendukung dengan anggota terbesar, tentu saja Bonek menjadi disegani. Kedatangan mereka ke tempat lain untuk mendukung Persebaya membawa aura yang menarik bagi warga setempat, was-was dan antusias datang bersamaan.

Semua Untuk Green Force Persebaya

Semua dukungan sepenuhnya selalu diberikan oleh Bonek kepada Persebaya. Bahkan ketika Persebaya terkena sanksi tidak boleh bertanding dengan ada suporter pun, Bonek tetap datang walaupun tidak bisa masuk ke stadion. Semangat Bonek untuk bisa memberikan yang terbaik memang tidak bisa diragukan lagi.

Jangan sekali-kali menghina Persebaya atau Bonek, sebab harga diri mereka yang tinggi tidak akan membiarkan hal itu terjadi. Walaupun sering dinilai anarkis, namun manajemen Bonek sendiri sedang berusaha untuk mengatasi hal tersebut. Fakta tentang Bonek yang suka kerusuhan pun mulai dihilangkan.

Pentolan Bonek

Di kalangan Bonek, nama H. Abdullah atau yang kerap dipanggil dengan Cak Dul sudah tidak asing lagi. Beliaulah yang menjadi motor para Bonek sejak 1988 saat Persebaya berlaga pada final kompetisi Perserikatan di Jakarta. Saat itu, Cak Dul yang menginspirasi para Bonek untuk menggeruduk Stadion Senayan kala itu. Beliau dikenal sebagai Panglima Perang Bonek saat 1980-an.

Lain Cak Dul, lain pula dengan Hamin Gimbal. Pria yang dijuluki dirigen Bonek ini memang tidak pernah lepas dengan Bonek serta Persebaya. Dialah yang selalu mengawal tiap yel-yel dan nyanyian yang kerap bergema di stadion ketika pertandingan. Kepiawaian pria asal Bangkalan Madura ini pun menjadi semakin bersinar ketika berduet dengan Okto Tyson dan menghapuskan fakta tentang bonek yang seram.

 

Recent search terms:

  • bonek (1)
  • cak dul bonek (1)
  • cak dul panglima bonek (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prediksi Bola Malam Ini
spbo