Inilah Pemain Liga Top Eropa Yang Lirik Timnas Indonesia

Walaupun sepak bola masih menjadi salah satu olahraga papan atas di tanah air, namun prestasinya belum bisa dikatakan membanggakan, terlebih di kancah internasional. Tinta emas masih gagal ditorehkan oleh timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini. Gelar terakhir yang didapatkan oleh timnas adalah juara ketiga ketika gelaran SEA Games pada tahun lalu.

Permasalahan yang sama juga terlihat pada timnas U-23. Sama seperti seniornya, timnas yang digadang-gadang dapat memberikan angin segar dalam persepakbolaan Indonesia ini juga masih melempem. Dengan alasan itulah PSSI mulai giat memberlakukan naturalisasi dengan harapan dapat memanggil pulang para bakat yang selama ini ada di Eropa dan benua lain.

timnas Indonesia

Usaha skuat Garuda untuk mendapatkan pemain hasil naturalisasi tidaklah selalu berjalan mulus. Buktinya masih banyak pemain muda berdarah Indonesia yang bermain untuk klub luar yang tidak menyanggupi untuk bergabung bersama tim asuhan Luis Mila tersebut. Namun, bukan berarti tidak ada yang mau. Bahkan ada beberapa yang terlihat sangat antusias dan siap untuk membela Sang Garuda.

5 Pemain Eropa Yang Kirim Kode Siap Gabung Timnas Indonesia

Joey Suk

Kabar tentang bergabungnya pemain dari Go Ahead Eagles ini sudah berhembus sejak tahun 2011. Saat itu sebenarnya Joey Suk sudah menyatakan niat sesungguhnya untuk bergabung dengan timnas. Kabar tersebut kian menguat bersama dengan tiga pemain lain yang lolos masuk melalui proses naturalisasi, yaitu Stefano Lilipaly, Diego Michels dan Robert wuarbanaran.

Namun karena sedang ada gonjang-ganjing di dalam sepak bola tanah air, yang disebabkan oleh adanya dualisme kepemimpinan, maka Joey Suk pun mengurungkan niatnya. Tetapi nampaknya tekad kuat itu belum sepenuhnya padam. Buktinya beberapa waktu lalu, melalui unggahan yang ada di akun IG resminya, pemain berusia 28 tahun tersebut dengan bangga mengenakan seragam latihan timnas Indonesia ketika sedang berolahraga.

Jordy Tutuarima

Selain Joey Suk, masih ada satu lagi pemain luar negeri yang memiliki darah Indonesia yang bertekad untuk masuk dan bergabung dengan timnas, dia adalah Jordy Tutuarima. Pemain mudah yang saat ini bergabung dengan klub De Graafschap ini sudah menyatakan niatnya tersebut sekitar tahun lalu kepada Stefano Lilipaly.

Bahkan Jordy, yang dulunya juga pernah bermain di klub SC Telstar ini, sudah pernah membuat unggahan yang menyampaikan besarnya rasa tertariknya untuk bisa ikut membela timnas Indonesia di Piala AFF 2016 lalu bersama dengan Irfan Bachdim dan pemain lainnya. Tentunya keinginan tersebut masih dalam sebatas harapan, karena pemain yang kuat di posisi bek sayap ini belum mendapat panggilan.

Namun demikian, Stefano Lilipaly masih berusaha untuk bisa mewujudkan keinginan dari temannya tersebut. Kita lihat saja apakah keinginan Jordy untuk dinaturalisasi dan bergabung dengan skuat Garuda bisa terwujud dalam waktu dekat.

Sandy Walsh

Ketika timnas Indonesia U-23 bertanding dengan Suriah dalam sebuah pertandingan persahabatan pada akhir 2017 lalu, pemain sepak bola yang saat ini tengah berada di Belgia ini memposting sesuatu di instastory-nya yang mengatakan dukungan dan juga harapan seandainya bisa ikut bermain. Hal ini nampaknya cukup menjelaskan sebesar apa niat Sandy Walsh untuk bisa masuk dan menjadi bagian tim garuda.

Tak ayal lagi, ungkapan pemain berumur 22 tahun tersebut di Instagram tersebut mendapatkan respon beragam dari para warganet, sebagian besar menyatakan dukungannya agar Sandy dapat segera bergabung dengan tim Merah Putih. Sandy yang kini sedang merumput di klub SV Zulte Waregem ini sudah bermain dalam 23 pertandingan dan berhasil mencatatkan satu gol serta satu assist.

Nampaknya PSSI akan mempertimbangkan untuk mempercepat naturalisasi Sandy jika pemudah blasteran Belanda-Inggris tersebut mampu mempertahankan prestasinya.

Radja Nainggolan

Keinginan pemain berdarah Batak, Radja Nainggolan untuk bisa bergabung dengan skuat Garuda memang sangat besar, namun nampaknya pemain AS Roma tersebut harus menelan kekecewaan. Pasalnya saat ini Radja sudah tergabung di dalam timnas Belgia bahkan sejak U-20, sedangkan peraturan FIFA menyatakan  bahwa siapapun yang sudah bergabung dengan sebuah tim nasional tidak boleh lagi bergabung dengan tim negara lain untuk ajang apapun.

Hal ini memang sedikit mengecewakan. Ungkapan kecewa tersebut juga sempat disampaikan Radja Nainggolan kepada Bolabob beberapa waktu lalu. Namun semua sudah terlanjur dan tidak bisa diulang. Walau begitu, kecintaan Radja terhadap timnas Indonesia tetap tidak berkurang.

 

Recent search terms:

  • FIFA pridiksi score bola (1)
  • pridiksi indonesia vs eropa (1)
  • Sandy walsh gabung timnas (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prediksi Bola Malam Ini
spbo