The Jakmania Pemain ke 12 Persija Jakarta

The Jakmania tidak bisa lepas dengan sebuah klub besar di Indonesia yaitu Persija Jakarta. Klub macan Kemayoran yang sudah lama melalang lintang di persepakbolaan Indonesia. Baik untuk liga resmi maupun liga sponsor yang dipertandingkan Persija selalu menghiasi lapangan pertandingan.

Torehan prestasi pun sudah banyak didapatkan tim ibu kota itu. Terbaru adalah sebuah prestasi luar biasa yang diperoleh tim skuat Bambang Pamungkas yang mampu menjadi juara Piala Presiden 2018 setelah berhasil menundukkan Bali United di ajang final.

The Jakmania

Performa bagus dari Ismet Sofyan dan kawan-kawan itu tidak lepas pula dari peran dan dukungan penuh suporter kebanggaan mereka, The Jakmania. Suporter yang selalu setia menemani dan menjadi penyemangat di setiap pertandingan yang dilakoni Persija Jakarta baik kandang maupun tandang.

Seperti saat prediksi bola babak semifinal di Piala Presiden 2018 kemarin, suporter ini tidak bosan mendukung tim kesayangannya itu walaupun dalam waktu 3 hari harus bolak-balik dari Jakarta ke Solo. Mereka tidak merasa lelah dan rela mengorbankan waktu dan juga uang tentunya demi mendukung skuat Persija.

The Jakmania yang selalu setia menggemborkan yel-yel dan mengobarkan semangat untuk para pemain, menjadi semangat sendiri bagi Persija. Tentunya hal ini menjadi penyemangat dan juga menjadi pemain ke 12 saat mereka bertanding di rumput hijau.  Walaupun namanya pertandingan tidak selalu menang, tidak lantas membuat suporter setia Persija itu mundur namun mereka tetap setia mendukung.

The Jakmania, Suporter Setia Persija Jakarta

Saksi Sejarah

Persija Jakarta tidak bisa lepas dari suporter yang selalu setia menemani setiap perjalanan, Jakmania. Sebuah suporter yang salah satu suporter garis keras yang ada di Indonesia. Suporter fanatik yang selalu mendukung klub kebanggaannya itu. Dimana ada Persija di situ pasti ada Jakmania.

Walaupun dalam berkarier Persija perjalanannya cukup berliku namun, Jakmania tidak lantas meninggalkan klub kebanggaannya itu. Mereka tetap setia pergi jauh-jauh untuk pertandingan tandang walaupun hasilnya kalah mereka tetap mengobarkan api semangat ke para pemain Persija.

Awal Berdiri

Jakmania sudah berdiri sejak 19 Desember 1997. Diza Rasyid Ali yang merupakan manajer tim kesebelasan Persija menjadi pencetus berdirinya suporter ini. Hal ini didukung penuh oleh Gubernur Jakarta yang saat itu dijabat oleh Bapak Sutiyoso. Kecintaan beliau terhadap dunia sepak bola membuat beliau giat untuk menghidupkan kembali tim Jakarta dan juga pendukungnya.

Artis kondang Gugun Gondrong, menjadi sosok yang menjadi ciri pentolan dari suporter The Jakmania, kepengurusannya dan keahliannya mampu membuat suporter yang tadinya hanya 40 orang menjadi puluhan ribu orang yang setia menjadi bagian dari kesebelasan tim ibu kota itu.

Kepengurusan Gugun Gondrong pun berakhir dan digantikan oleh Bung Ferry yang menjabat sampai 3 periode. Bung Ferry ini suporter jebolan Pelita Jaya. Kecintaannya terhadap dunia bola mampu membuat dia membawa nama besar suporter Persija di kancah nasional.

Suporter yang bermarkas di Lebak Bulus ini, bukan berarti mulus-mulus saja dalam perjalanan menemani klub kebanggaannya selama hampir 21 tahun.  Sanksi maupun hukuman disiplin sering mereka dapatkan. Suporter yang dikenal keras pun menjadi sebuah julukan untuk anak-anak Kemayoran ini.

Kecintaannya terhadap kesebelasan tim kesayangannya kadang membuat mereka lepas kendali saat mendapati timnya kalah ataupun keputusan wasit yang dinilai mereka kurang adil. Kerusuhan pun sering terjadi. Bentrok dengan suporter lawan juga sudah biasa mereka lakoni.

Sebuah pekerjaan rumah yang memang kadang membuat pusing jajaran pengurus. Namun, tanpa mereka Persija Jakarta bukanlah tim yang sehebat sekarang. Mereka lah yang menemani berjuang tim Persija sampai mampu berlaga dengan hasil yang maksimal.  Oknum yang kurang bertanggung jawablah yang membuat suporter ibukota ini mendapat julukan suporter yang brutal.

The Jakmania sebuah klub suporter yang tidak bisa lepas dar Persija Jakarta. Suporter garis keras yang rela berkorban banyak  demi kesebelasan macan Kemayoran. Suporter yang fanatik yang tidak mau mundur dalam situasi apa pun. Suporter yang menjadi saksi perjalanan tim Persija. Suporter inilah yang menjadi pemain ke 12 pada setiap laga pertandingan tim kesebelasan Persija Jakarta.

Recent search terms:

  • pemain ke 12 persija (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prediksi Bola Malam Ini