Klub Sepak Bola Indonesia dengan Manajemen Sepak Bola Terbaik Yang Bisa Menjadi Contoh

Manajemen sepak bola merupakan hal terpenting dalam dunia sepak bola. Mungkin Anda pernah mendengar klub dari Eropa yang terkenal kala itu dalam Serie A Italia yaitu Parma. Klub tersebut telah banyak menoreh prestasi yang bagus seperti menjadi juara dalam Coppa Italia, Piala UEFA, dalam Piala Winners, serta menjadi runner-up dalam Serie A pada tahun 1997. Akan tetapi semenjak perusahaan pemilik klub Parma yaitu Parmalat bangkrut, prestasi dari Parma pun ikut menurun.

Hingga akhirnya klub Parma berganti-ganti kepemilikan, meskipun bisa bangkit tetapi tetap saja klub tersebut mengalami kebangkrutan bahkan masuk ke dalam Serie D Italia. Melihat hal tersebut, dapat dipastikan jika klub Parma kurang bagus dalam manajemennya. Dalam ilmu Ekonomi manajemen yang bagus dapat diukur dari penerapan POAC yaitu Planning, Organizing, Actuating, serta Controlling. Sekarang ini sepak bola bukan hanya sebuah cabang dari olahraga.

Manajemen Sepak Bola

Melainkan untuk pemuas hobi, untuk menyehatkan tubuh, memperoleh prestasi, serta dapat memberikan keuntungan. Sehingga manajemen sepak bola yang bagus dan profesional sangat dibutuhkan dalam klub sepak bola. Di Indonesia ada beberapa klub dengan manajemen yang dinilai terbaik dan bisa dijadikan sebagai contoh untuk klub lainnya. Berikut ini adalah 2 klub dengan manajemen sepak bola yang terbaik.

2 Klub Sepak Bola Indonesia yang Mempunyai Manajemen Sepak Bola Terbaik

Bali United

Seperti yang Anda ketahui jika Bali United adalah klub yang tergolong baru di dunia sepak bola tanah air. Namun, gebrakan yang diberikan mampu membuatnya menjadi salah satu untuk kekuatan sepak bola di Indonesia. Klub asuhan dari Indra Sjafrie ini juga telah dijadikan sebagai barometer untuk industri sepak bola di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan klub ini mengetahui cara untuk bertahan di zaman kontemporer seperti sekarang ini.

Mereka dapat memperoleh sponsor dengan memaksimalkan kebintangan pemain serta nama besar sang pelatih. Total sponsor yang mengarungi mereka dalam Liga 1 musim ini adalah 15 sponsor. Untuk memperoleh sponsor sebanyak itu, tidak heran klub ini mengerahkan 14 orang yang bergerak dalam bidang pemasaran. Seperti yang diungkapkan oleh pemilik klub ini yaitu Yabes Tanuri jika dalam industri sepak bola yang dijual adalah sebuah produk agar pihak sponsor mau bekerja sama sehingga dibutuhkan manajemen sepak bola yang bagus.

Selain memperoleh dukungan dari sponsor, klub ini juga mengoptimalkan pemasukan dari pendukung setia dengan cara berjualan merchandise yang resmi dari klub. Ada banyak yang dijual seperti kaus, kemudian ada jersey yang original dari Bali United, dan lain sebagainya. Di zaman yang serba canggih ini pun dimanfaatkan dengan baik oleh klub ini, hal itu dibuktikan dengan adanya situs resmi dari Bali United yang akan memberikan beberapa info seputar klub, profil dari para pemain, dan lain sebagainya.

Bahkan menariknya lagi, Bali United telah mempunyai dua aplikasi yang dapat Anda peroleh di Play Store smartphone Anda.

Persib Bandung

Nama klub yang satu  ini tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga Anda, klub asal Bandung termasuk ke dalam salah satu klub yang sehat. Hal tersebut dapat diketahui dari pembelian pemain bintang serta tidak adanya kasus untuk masalah keterlambatan dalam pembayaran gaji pemain. Tentu saja hal ini tidak lain karena adanya manajemen sepak bola yang bagus serta profesional sehingga Persib Bandung dapat bertahan dan berjaya hingga sekarang.

Seperti yang dijelaskan oleh Rizal selaku direktur dari PT Persib Bandung Bermartabat bahwa PT PBB hanya menjual nama besar dari Persib Bandung serta membeli pemain bintang sebagai daya tarik bagi sponsor serta penonton. Hal tersebut seperti klub asal Spanyol yaitu Real Madrid yang diketahui kerap membeli pemain bintang namun keuntungan yang diperoleh klub tersebut malah bertambah banyak.

Klub ini mampu mendapatkan sponsor di musim ini tidak kurang dari 10 sponsor. Selain itu, Persib Bandung mempunyai pemasukan dari loyalitas Bobotoh sebutan untuk pendukung Persib yang membeli tiket masuk untuk pertandingan serta membeli berbagai macam atribut atau merchandise yang resmi dari Persib.

Itulah beberapa hal mengenai manajemen sepak bola dari klub Bali United dan Persib Bandung yang bisa dijadikan contoh untuk klub lain dalam mengatur manajemen klub nya agar lebih bagus dan profesional.

Recent search terms:

  • klub indonesia dengan management terbaik (3)
  • Contoh Manajemen sepak bola (2)
  • Club club indonesia dengan manajemen terbaik (1)
  • gambar lambang bola (1)
  • management club sepakbola (1)
  • manajemen di klub sepak bola (1)
  • manajemen klub sepak bola (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prediksi Bola Malam Ini