Prestasi Luis Milla Setelah Setahun Melatih Timnas Indonesia

Luis Milla telah setahun menjadi pelatih timnas Indonesia. Tepatnya pada tanggal 20 Januari kemarin, pelatih asal Spanyol itu bertanggung jawab membenahi timnas senior dan timnas U-23 Indonesia. Ada banyak kritik dan harapan yang diberikan selama Milla menjabat peran sebagai pelatih itu. Mantan pelatih timnas Spayol U-21 itu dikontrak untuk menangani tim Garuda dua tahun lamanya.

Selama mendampingi Timnas Senior dan Timnas U-23, Milla tercatat telah melewati total 22 pertandingan. Medali perunggu di SEA Games 2017 menjadi pencapaian terbaik Milla. Berikut ini akan diuraikan statistik prestasi Milla, baik sebelum menjabat sebagai pelatih timnas hingga selama menjabat sebagai pelatih timnas. Setahun bersama dengan timnas Indonesia, tentu saja banyak perombakan dan perubahan yang telah dilakukan Milla demi kebaikan tim.

luis milla

Rekam Jejak Prestasi Luis Milla

Sukses sebagai Pesepak Bola

Milla memulai karir suksesnya sebagai gelandang bertahan di Barcelona, Valencia dan Real Madrid. Bagi generasi 1990-an, nama Milla cukup dikenal sebagai pesepak bola yang sukses. Milla tercatat merasakan gelar juara Piala Winners tahun 1988-89 bersama dengan Barcelona. Lalu juara La Liga Spanyol pada 1985-85 berlanjut Piala Raja Spanyol 1989-90.

Setelah enam tahun bermain di Barcelona, Milla hijrah ke Real Madrid. Selama bersama Los Blancos, Milla meraih dua gelar La Liga, dua Piala Super Spanyol, dan satu gelar Piala Raja. Setelah kehilangan tempat di Madrid akibat hadirnya Fernando Redondo tahun 1997, Milla hengkang ke Valencia selama empat musim. Di El Che, Milla mampu mempersembahkan gelar Piala Raja Spanyon, dan Piala Super Spanyol

Pelatih Juara Piala Eropa bersama Spanyol U-21

Luis Milla punya prestasi gemilang di level usia muda. Milla terlebih dulu melatih tim Spanyol U-19, sebelum akhirnya menjadi pelatih Spanyol U-21 tahun 2011. Pencapaiannya pun tergolong bagus di level U-19. Sebuah gelar runner-up Piala Eropa U-19 ia persembahkan untuk Tim Matador.

Prestasi besar terjadi saat dirinya menjadi pelatih timnas Spanyol U-21 tahun 2011. Ia mampu membawa Matador Muda meraih gelar juara setelah di final mengalahkan Swiss 2-0, melalui gol dari Thiago Alcantara dan Ander Herrera.

Pencipta Bintang Sepak Bola Spanyol

Gelar juara Piala Eropa U-21, menjadi bukti bagaimana pelatih berusia 50 tahun itu piawai menciptakan pemain bintang. Lihat saja bagaimana skuat Spanyol U-21 yang ia bawa juara. Skuat tersebut berisi pemain muda yang di masa kini menjadi motor klub-klub besar Eropa. Milla berhasil mengorbitkan para pemain muda Spanyol tersebut menjadi pemain kelas dunia.

Sebut saja David de Gea, Cesar Azpilicueta, Javi Martinez, Thiago Alcantara, Ander Herrera hingga Juan Mata, pernah merasakan tempaan Milla di Spanyol U-21. Kini mereka merasakan hasil dari tempaan Milla dengan menjadi pemain besar dunia.

Pelatih Timnas Indonesia dan Timnas U-23

Selama di Indonesia, Luis Milla tidak hanya diberi tanggung jawab untuk menangani skuad Garuda tapi juga timnas U-23. Milla menggantikan Alfred Riedl, pelatih timnas terdahulu. Selama mendapat tanggung jawab itu, PSSI memberikan target yang cukup tinggi pada Milla yakni untuk bisa meraih prestasi di ajang Asian Games 2018 yang akan digelar di Palembang dan Jakarta.

Setahun menjabat sebagai pelatih, PSSI telah mengevaluasi kinerja Milla. Dari statistik total 20 laga Timnas Senior dan Timnas U-23, Milla hanya berhasil membawa 10 kali kemenangan. Sisanya adalah 7 kali kekalahan dan 4 kali mendapat hasil imbang. Torehan prestasi ini dirasa masih kurang dan belum maksimal.

Masa depan karir Luis Milla di sepak bola tanah air nantinya akan ditentukan lewat hasil Asian Games 2018 nanti. Evaluasi akan diberikan kepada Milla untuk perbaikan tim. PSSI memang memasang target dan harapan tinggi pada Milla mengingat rekam jejak dan prestasi cemerlang yang pernah ditorehkan Milla terdahulu.

Setahun bersama Milla, skuat Merah Putih berhasil membawa pulang medali perunggu di ajang Sea Games 2017. Nantinya di laga tahun 2018, diharapkan hasil dan prestasi timnas Indonesia semakin cemerlang dan lebih bagus dari tahun sebelumnya. Sebagai nahkoda yang menggerakkan timnas, Luis Milla tentu punya banyak PR dan pekerjaan yang menanti.

Recent search terms:

  • prestasi luis milla (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prediksi Bola Malam Ini
spbo