Profil dan sejarah Brighton & hove

Profil dan sejarah Brighton & hove – Hallo pecinta bola dunia, apakah anda fans club dari brighton & hove yang bermain di liga inggris? Oke kali ini kita akan membahas sejarah dan profil dari club ini. Langsung saja kita simak sejarahnya berikut ini.

Brighton & Hove Albion Football Club  adalah sebuah klub sepak bola  profesional asal Inggris yang berbasis di kota pantai Brighton & Hove, di timur Sussex. Sering disebut sebagai Brighton & Hove Albion atau hanya sekadar sebagai Brighton. Saat ini bermain di Football League Championship, tingkat kedua dari sistem liga sepak bola Inggris.

Brighton & Hove selama ini tidak dikenal sebagai kota yang memiliki budaya kuat soal sepakbola layaknya Manchester atau Liverpool. Maklum saja, kota yang terletak di sisi selatan ini lebih akrab sebagai destinasi liburan oleh warga Inggris sendiri.

Fakta di atas juga didukung oleh pernyataan mendiang Brian Clough yang dengan terpaksa menerima pinangan untuk melatih klub lokal setempat, Brighton & Hove Albion, setelah benar-benar dipecat oleh Derby County. Dalam otobiografinya yang berjudul Clough The Autobiography, Clough mengatakan bahwa orang-orang pergi ke kota Brighton semata-mata untuk berlibur atau menikmati masa-masa pensiun.

Orang yang berjasa besar membawa kejayaan bagi Nottingham Forest di pentas Eropa ini pun menambahkan, “Dengan segala hormat kepada klub dan penggemar, Anda pergi kesana bukan untuk sepakbola.” Selanjutnya bisa ditebak, kebersamaan Clough dengan The Seagulls sendiri hanya bertahan satu musim karena mantan pemain Sunderland ini memutuskan pergi pasca mendapat tawaran melatih klub raksasa saat itu, Leeds United.

Kisah tersebut pastinya sudah lebih dari 40 tahun berlalu dan nama Brighton & Hove Albion kini mulai mendapatkan perhatian dari seluruh pecinta sepakbola Britania Raya, bahkan dunia. Klub yang dulu dinilai tak memiliki budaya sepakbola yang kuat ini perlahan mulai menunjukkan bagaimana mereka terus berjalan dan mewujudkan mimpi untuk mentas di kasta tertinggi piramida sepakbola Inggris, Premier League.

Impian itu sendiri sudah menjadi kenyataan. Di bawah arahan pelatih Chris Hughton, Si Camar mendominasi divisi Championship. Mereka bahkan melangkahi raihan Newcastle United  sebagai pemuncak klasemen yang semula tampak konsisten.

Akhir pekan kemarin, laga melawan Wigan Athletic di The Amex Stadium menjadi penentu bagi James Wilson dkk. Kemenangan 2-1 di akhir pertandingan serta hasil imbang yang diperoleh pesaing terdekat mereka setelah The Toons Army, Huddersfield Town, membuat Brighton memastikan tiket promosi langsung ke Premier League musim depan.

Sebuah penantian yang sangat panjang mengingat Brighton & Hove Albion belum sekalipun mencicipi kasta tertinggi semenjak kompetisi ini berganti nama. Sebelumnya mereka lebih sering naik turun divisi dua dan tiga. Klub ini sendiri sebenarnya sudah mulai sering masuk babak play-off di rentang tahun 2012/13, 2013/14 dan 2015/16 namun selalu gagal di tengah jalan.

Nama lengkap : Brighton & Hove Albion Football Club

Julukan : The Seagulls The Albion

Didirikan : 21 Agustus 1901

Stadion : Stadion Amex[1] (Kapasitas: 27,350)

Ketua : Tony Bloom

Manajer : Gus Poyet

Liga : Liga Championship Inggris 2012–13 ke-4, Liga Championship Inggris

Nah itu tadi profil dan sejarah dari club brighton dan hove. Bagaimana menurut anda? Apakah menarik minat anda untuk menjadi fans club tersebut? Oke cukup segitu saja yang bisa kami informasikan tentang sejarah club brighton dan hove. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prediksi Bola Malam Ini