Profil dan Sejarah Klub Borussia Dortmund

Profil dan Sejarah Klub Borussia Dortmund, klub sepak bola asal Jerman ini kini berlaga di kompetisi tertinggi Bundesliga Jerman. Klub sepak bola Borussia Dortmund merupakan salah satu klub bola  asal Jerman yang juga mempunyai prestasi Gilang gemilang di kancah persepakbolaan profesional Jerman. Borussia Dortmund bermarkas di kota Dortmund, Nordrhein-Westfalen.

Sebenarnya klub bola Borussia Dortmund tidak hanya menjadi sebuah klub sepak bola, namun juga menjadi klub olahraga lainnya, seperti bola tangan wanita serra tenis meja putra. Namun pada kenyataannya olahraga sepak bola menjadi cabang olahraga paling terkenal Borussia Dortmund.

Borussia Dortmund juga mempunyai beberapa julukan, seperti Die Borussen (Para Borussian) dan Die Schwarzgelben (Hitam Kuning). Dalam setiap laga mereka selalu menggunakan Stadion

Signal Iduna Park, stadion ini berada di jantung kota Dortmund dan mempunyai daya tampung sekitar 80.000 ribu penonton. Daya tampung stadion sebanyak itu bisa mengakomodir barisan suporter yang selalu mendukung dalam setiap laga kandang Borussia Dortmund.

Klub sepak bola Borussia Dortmund yang didirikan pada tanggal 19 Desember 1909 merupakan salah satu klub bola yang paling sukses di kompetisi persepakbolaan Jerman. Klub sepak bola Borussia Dortmund di dirikan oleh sekompok pemuda yang berinisiatif membentuk klub olahraga sepak bila la taran kecewa dengan fasilitas penunjang dari kegiatan olah rarga Trinty Youth. Pada waktu itu mereka bermain sepak bola dibawah gelap malam tanpa ada penerangan cahaya lampu.

Dengan alasan itu para pemuda yang dikenal dengan nama Franz Paul Braun, Henry Cleve, Hans Debest, Paul Dziendzielle,Franz, Julius, Wilhelm Jacobi, Hans Kahn, Gustav Müller, Franz Risse, Fritz Schulte, Hans Siebold, August Tönnesmann, Heinrich, Robert Unger, Fritz Weber dan Franz Wendt. Mendirikan sebuah klub bola dengan menggunakan sebuah nama yang berasal dari bir Borussia atau sebuah tempat pembuatan bir di daerah Dortmund.

Walaupun pada beberap tahun sejak didirikan mereka masih bermain di liga lokal, namun inilah cikal bakal kesuksesan sebagai prestasi awal Borussia Dortmund. Padaa tahun 1929 Borussia Dortmund mulai mendatangkan pemain-pemain profesional dengan bayaran yang bisa dibilang besar. Harapan untuk mendukung prestasi dari Borussia Dortmund malah menjadi petaka dan Dortmund mengalami krisis finansial. Untungnya ada seorang warga lokal yang mempunyai kebaikan hati dan mau memberikan dukungan finansial bagi klub bola Borussia Dortmund. Yang paling mencengangkan dari klub bola Borussia Dortmund adalah salah satu klub bola yang tidak mau bergabung dengan NAZI, sehingga konsekuensinya presiden Borussia Dortmund harus tersingkir.

Barulah nama klub sepak bola Borussia dortmound mencuat pasca dari perang dunia II, saat itu mereka menjdi salah satu klub bola yang mulai membangun sepak bola dari pinggiran kota. Namun borrusia bukanlah satu-satunya klub bola karena lawan dari Borrusia adalah Schalke 04 yang sama-sama mulai merintis kariernya kembali.

 

Pada tahun 1963 Borussia Dortmund melakoni kompetisi pertamanya di Bundesliga. Mereka berhasil menjuarai Piala Winner UEFA pada tahun 1966. Mereka juga menjadi klub bola asal Jerman pertama yang meraih gelar juara di Kompetisi Eropa. Masa kejayaan Borussia Dortmund pada tahun 1980-an sampai dengan tahun 2000, bahkan mereka sempat menjadi kampiun di ajang UEFA Champions League. Sedangkan pada awal tahun 2005 keadaan finansial Borussia Dortmund sedang tidak dalam keadaan baik-baik saja, mau tidak mau mereka harus menghadapi krisis finansial tersebut, dan salah satu caranya mereka menjual pemain-pemain bintang yang Dortmund miliki. Sedangkan pada hari ini Dortmund menjadi salah satu klub yang mempunyai finansial terbaik, ini tidak terlepas dari banyaknya sponsor yang bisa menghasilkan pemasukan bagi Dortmund.

 

Itulah sedikit profil dan sejarah klub Borussia Dortmund, semoga bisa berguna serta bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prediksi Bola Malam Ini