Profil dan Sejarah Klub Celta Vigo

Profil dan Sejarah Klub Celta Vigo, klub sepak bolaReal Club Celta Vigo atau Celta Vigo merupakan sebuah klub sepak bola profesional Spanyol yang bermain di kompetisi La Liga Spanyol. Mereka mempunyai basis di kota Vigo, team kesebelasan ini didirikan pada tanggal 23 Agustus 1923. Celta Vigo bermain kandang di stadion Baladios yang mempunyai kapasitas sekitar 31.000 ribu penonton, dan kostum kebanggaan mereka berwarna biru langit dengan celana berwarna putih.

Presiden klub Cekta Vigo dijabat oleh Carlos Mouriño, sedangkan tampuk pelatih kepala dipercayakan kepada Juan Carlos Unzué yang merangkap sebagai manajer team.

Pada musim 2018/2018 Celta Vigo diperkuat sedert nama, seperti; Rubén Blanco, Sergio Álvarez, Gustavo Cabral , David Costas , Fontàs, Hugo Mallo, Jonny, Facundo Roncaglia, Sergi Gómez, Álex López , Marcelo Díaz, Pape Diop, Dejan Drazič, Pablo Hernández, Jozabed, Stanislav Lobotka, Nemanja Radoja, Daniel Wass, Claudio Beauvue, Maximiliano Gómez, John Guidetti dan Iago Aspas.

Prestasi yang pernah di capai Celta Vigo, seperti menjuarai Segunda Division pada tahun 1935/1936, 1981/1982, 1991/1992. Cekta Vigo juga pernah menjadi juara Segunda Division B pada tahun 1930/1931. Celta Vigo juga pernah beberapa kali masuk final Copa del Rey, namun merek harus puas pada posisi Runner-Up, itu terjadi pada tahun 1947/1948, 1993/1994, dan 2000/2001.

Sampai hari ini Celta Vigo belum pernah menjadi juara liga maupun Copa del Rey, padahal sejauh ini Celta Vigo sudah tiga kali berkesempatan mencapai Final. Namun Celta Vigo pernah mencatat sejarah satu musim terbaik pada musim 1979/1971 saat itu mereka menyelesaikan musim dengan catatan tak pernah terkalahkan dalam laga kandang dan terkenal sebagai (Pembunuh Raksasa). Pada saat itu juga klub Celta Vigo hadir dan bisa lolos ke kompetisi Piala UEFA untuk pertama kalinya.

Di tahun 2002/2004 mereka juga sempat meraih posisi terbaik ke empat, dan berhasil lolos ke Liga Champions UEFA 2003/2004. Pada kesempatan itu mereka hanya mencapai 16 besar, setelah takluk dengan Arsenal, sedangkan di Liga Europa UEFA 2016/2017 untuk pertama kalinya Celta Vigo berhasil masuk final, namun harus kalah dari Manchester United.

Klub Ceta Vigo sebenarnya lahir dari ambisi team Vigo untuk bisa meraih lebih banyak prestasi di tingkat nasional, sedangkan team Basque telah mendahului mereka di kejuaraan Spanyol. Sedangkan muncul sebuah ide untuk bisa menggabungkan kedua team dengan tujuan bisa meraih lebih banyak prestasi bdi tingkat nasional. Ide itu lahir dari Manuel de Castro, yang berprofesi sebagai penulis untuk Faro de Vigo. Dengan slogan terkenal “Todo por y para Vigo” (Semua untuk dan ke Vigo).

Di hadapan majelis Federasi Sepak Bola Spanyol Raya di Madrid pada tanggal 22 Juni 1923, Castro menyampaikan mosinya dan mendapatkan dukungan penuh. Pada pertemuan umum tahunan (RUPST) Vigo dan Fortuna yang diadakan pada tanggal 12 Juli 1923 di Teater Odeon dan Di Hotel Moderno, merger kedua klub tersebut di setujui.
Nama Real Club Celta baru diputuskan dalam RUPS terakhir Fortuna dan Vigo untuk menyetujui pembentukan klub baru yang diadakan pada tanggal 10 Agustus 1923. Pada pertemuan itu juga disepakati para pemain yang berjumlah 64 pemain yang juga merupakan para pemain penting dari Fortuna dan Vigo.

Demikian sedikit informasi Profil dan Sejarah Klub Celta Vigo, semoga bisa berguna serta bermanfaat untuk anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prediksi Bola Malam Ini
spbo