Profil dan Sejarah Klub Deportivo La Coruna

Profil dan Sejarah Klub Deportivo La Coruna, klub sepak bola Deportivo La Coruna atau yang dikenal dengan nama lengkap Real Club Deportivo de La Coruña merupakan salah satu klub sepak bola profesional yang bermin di La Liga Spanyol. Mereka bermarkas di kota A Coruna, Galisia. Klub bola ini didirikan pada tahun 1906, dan mempunyai beberapa julukan, seperti; Depor, Super Depor, Herculinos, Branquiazuis (Biru dan Putih) dan Los Turcos.

Sampai hari ini Super depor sudah pernah menorehkan prestasi baik itu di kompetisi La Liga, Copa del Rey, maupun Supercopa de Espana. Dalam me jamu setiap lawannya mereka menggunakan stadion Riazor, stadion ini mampu menampung sekitar 34.000 ribu penonton.

Kini mereka dibawah komando Tino Fernández sebagi ketua, dan Pepe Mel dipercayai sebagai manajer dari Deportivo La Coruna.

Di musim La Liga 2017/2018 Deportivo La Coruna di perkuat beberapa pemain, seperti;  Rubén, Przemysław Tytoń, Arribas, Gerard Valentín, Juanfran, Raúl Albentosa, Saúl, Fabian Schär, Álex, Bicho, Celso Borges, Fede Cartabia, Emre Çolak, Fayçal Fajr, Guilherme, Juan Domínguez, Luisinho, Mosquera, Federico Valverde, Adrián, Florin, Andone, Zakaria Bakkali , Borja Valle, Bruno Gama dan Carles Gil.

Sampai sejauh ini Deportivo La Coruna sudah meraih beberapa prestasi, seperti meraih gelar juara La Liga pada musim 1999/2000, menjadi juara Copadel Rey sebanyak dua kali (1994/1995 & 2001/2002), Super Copa Espana sevanya 3 kali (1995, 2000, 2002), Segunda Division 5 kali (1961/1962, 1963/1964, 1965/1966, 1967/1968, 2011/2012) dan menjadi juara di kompetisi UEFA Intertoto pada tahun 2008.

Sejarah Deportivo La Coruna berawal pada tahun 1906, dan Luis Cornide sebagai presiden pertama mereka. Sedangkan nama-nama pemain kesebelasan mereka terdiri dari Salvador Fojón, Venancio Deus, Juan Long, Alvarez, Manuel Álvarez, Daniel Aler, Paco Martínez, Félix de Paz, Virgilio Rodríguez, Martínez Urioste, dan Juan Manuel López.

Barulah pada tanggal 11 Mei 1907, Luis Moyano yang menjabat sebagai gubernur sipil pada saat itu mengeluarkan beberapa peraturan dan undang-undang tentang pembentukan klub Deportivo La Coruna. Sedangkan ketertarikan sepak bola seantero Spanyol baru mulai mencuat pada tahun 1920, ini tidak lain setelah tim nasional Spanyol menuai keberhasilan di Olimpiade. Keberhasilan team nasional itu juga memotoru terbentuk sebuah turnamen nasional, dan Deportivo La Coruna mengambil peran penting pada saat itu. Namun Super Depor gagal lolos ke musim Primera Division, 1928/1928.

Deportivo La Coruna mau tidak mau harus bermain di Segunda Division, mereka menempatkan posisi di urutan kedelapan dari sepuluh klub yang berlaga Segunda Division. Nama-nama klub sepak bola yang mengikuti kompetisi itu antar lain;  Alavés, Sevilla, Celta, Valencia, Betis, Iberia, Gijón, Oviedo, dan Rácing de Madrid.

Pada tahun 1932, saat Deportivo La Coruna masih bermain di kompetisi Divisi Dua, Deportivo pernah mencatat sejarah dengan menyingkirkan Real Madrid dari turnamen Copa del Rey. Ini juga menjadi prestasi besar bagi klub asal ibukota Deportivo La Coruna yang berhasil menjadi juara Liga musim. Namun itu hanya sedikit capaian prestasi yang pernah di raih Deportivo La Coruna, karena masih banyak prestasi lainnya yang pernah diraih Deportivo La Coruna.

Itulah sedikit informasi Profil dan Sejarah Klub Deportivo La Coruna, semoga bisa berguna serta bermanfaat untuk anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prediksi Bola Malam Ini
spbo