Profil dan Sejarah Klub RB Leipzig

Profil dan Sejarah Klub RB Leipzig, klub bola RB Leipzig adalah klub asosiasi sepak bola Jerman dan mempunyai markas di Leipzig, Saxony. RB Leipzig bisa dibilang sebagai klub pendatang baru, karena klub bola ini di dirikan pada tanggal 19 Mei 2009 (9 tahun yang lalu). Walaupun sebagai klub bola pendatang baru mereka tidak bisa dianggap remeh, karier RB Leipzig bisa di bilang terlalu cepat. Sejak pertama kali didirikan tahun 2009, mereka hanya membutuhkan waktu 7 tahun untuk bisa memastikan berlaga di ajang tertinggi Bundesliga Jerman.

 

Dalam melakukan setiap laga kandang dan menjamu setiap musuhnya, mereka selalu menggunakan Stadion Red Bull Arena. Stadion yang menjadi kebanggan RB Leipzig, mempunyai kapasistas sekitar 42.000 Ribu penonton. Di setiap laga kandang mereka selalu menggunakan kostum baju berwarna putih.

 

Perjalanan sejarah debut RB Leipzig di Bundesliga berawal pada tanggal 19 Mei 2009, gabungan antara anggota serta agen dari Red Bull yang berjumlah tujuh orang bersepakat mendirikan sebuah klub sepak bila. Pada kesempatan itu juga tampuk ketua dipercayakan oleh Andrea Sadlo dan Joachim Krug dipercayai menjadi direktur olahraga.

 

Sebelum menjadi ketua Andreas Sadlo ternyata berprofesi sebagi penyalur atau agen pemain Star & Friends. Setelah ia terpilih sebagia ketua Andrea Sadlo harus keluar dari pekarjaan lamanya, sehingga mau tidak mau dia harus mengundurkan diri dari agen pemain. Lantaran Asosiasi Sepakbola Jerman melarang agen pemian untuksikut campur kedalam operasional sebuah team sepak bola. Klub RB Leipzig menjadi klub bola kelima yang berportofolio olahrga Red Bull. Nama-nama tersebut seperti Red Bull Ghana (Gana), Red Bull Brazil (Brazil), New York Red (Amreika Serikat), dan FC Red Bull Salzburg (Austria).

 

Untuk memulai debut awalnya di kancah persepakbolaan Jerman banyak hal yang harus di lakukan RB Leipzig, mulai dari mencari pemain, mencari stadion sebagi markas, bahkan mereka juga memesan hak nama stadion agar tidak ada yang memakainya. Namun setelah persiapan matang mereka akhirnya bisa menjalankan debut pertamanya, musim pertamanya dimulai di Oberliga di Stadion am Bad in Markranstadt. Stadion ini merupakan rumah bagi klub SSV Markranstadt. Dan rencananya nanti mereka akan pindah secepatnya ke Zentral Stadion, yang dimiliki oleh Micheal Kolmel. Dia adalah orang yang juga memiliki peran besar dalam pemabentukan RB Leipzig.

 

Ketika klub ini didirikan mereka mempunyai targetan agar bisa bermain secepatnya di komopetisi Bundesliga Jerman, bahkan RB Leipzig menyatakan mereka akan bermain di Bundeliga dalam waktu delapan tahun. Karena jika berkaca pada klub olahraga di naungi Red Bull bukan tidak mungkin ini akan bisa terwujud, mereka sudah membuktikan di beberapa negara lewat klub olahrag yang naungi mereka. Tentunya Red Bull GmbH haru mengeluarkan modal besar demi merealisasikan keinginannnya.

 

Namun pada kenyataannya apa yang dilakukan para penggawa RB Leipzig, baik itu manajer, pemain, dan jajaran Leipzig demi mendukung taget capaian delapan tahun bermain di Budesliga dengan terus memberikan peforma terbaiknya. Akhirnya itu semua bisa terwujud tepatnya tanggal 8 mei 2016, RB Leipzig berhasil memastikan mendaptkan promosi ke ajang tertinggi Bundesliga Jerman, setelah mengalahkan Karlsrucher 2 : 0. Demikianlah sekelumit kecil prifil dan sejarah dari klub RB Leipzig, semoga bisa membantu dan berguna untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prediksi Bola Malam Ini