Profil dan Sejarah Klub SC Freiburg

Profil dan Sejarah Klub SC Freiburg, klub sepak bola Bundesliga Jerman yang bermarkas di daerah Freiburg merupakan klub bola yang didirikan pada tanggal 30 Mei 1904. Klub bola ini pertama kali menggunakan nama Freiburger Fußballverein 04, di ketuai oleh Fritz Keller, dan mempunyai julukan JulukanBreisgau-Brasilianer.

Kostum merah menjadi seragam kebanggaan saat mereka menjamu setiap lawan-lawannya di Mage Solar Satadiom, tepatnya berada di daerah Freiburg.

Stadion yang berkapasitas sekitar 24.000 penonton itu, hampir selalu di padati barisan suporter Freiburg saat melakoni laga kandang.

Namun sebenarnya nama lengkap dari klub bola ini adalah Sport-Club Freiburg. Sedangkan sederat nama-nama pemain yang kini membela Freiburg, seperti Alexander Schwolow, Aleksandar Ignjovski, Philipp Lienhart (pinjaman dari Real Madrid), Çağlar Söyüncü, Manuel Gulde, Amir Abrashi, Florian Niederlechner, Mike Frantz, Lucas Höler, Onur Bulut, MF Marco Terrazzino, MF Ryan Kent (pinjaman dari Liverpool), DF Pascal Stenzel, MF Yoric Ravet, Lukas Kübler, Nils Petersen, Janik Haberer, DF Marc-Oliver Kempf, GK Patric Klandt, Vincent Sierro, Julian Schuster, Georg Niedermeier, Robin Koch, Nicolas Höfler, Christian Günter, Karim Guédé, Bartosz Kapustka (pinjaman dari Leicester City), Caleb Stanko, Tim Kleindienst Florian Kath, dan terakhir Rafał Gikiewicz.

Sebenarnya klub Freiburg mempunyai pemain-pemain legenda yang namanya sangat terkenal seantero Jerman, seperti Joachim Low. Ia adalah sederet pemain legendaris Freiburg dan mempunyai torehan ciamik saat memperkuat Freiburg.

Sejarah awal lahirnya klub SC Freiburg berawal dari dua klub sepak bola yang lahir kisaran tahun 1904, masing-masing klub itu bernama Freiburg Fuβballverein 04 atau dikenal dengan (FV 04 Freiburg) dan  FC Schwalbe. Dan kelak kedua klub sepak bola akan bergabung, sehingga menjadi klub yang kita kenal dengan nama SC Freiburg.

Namun sebelum bergabung sebenarnya FC Schwalbe sempat beberapa kali berganti nama,

Awalnya Schwalbe berganti nama menjadi FC Mars dan terakhir menjadi Union Freiburg tahun 1906. Sedangkan klub FV 04 Freiburg berganti nama juga  menjadi Sportclub Freiburg 04 di tahun 1909. Baru setelah itu klub sepak bola Union Freiburg dan Sportclub Freiburg 04 resmi bergabung dan mengganti namanya menjadi SC Freiburg.

Pasca berakhirnya Perang Dunia I, kisaran tahun 1918 klub SC Freiburg bergabung dengan Freiburg FC dengan catatan sementara. Hal yang menjadi alasan bagi SC Freiburg bergabung sementara, tidak lain agar mereka bisa menggunakan lapangan KSG Freiburg.

Kemudian pada tahun berikutnya 1819, mereka mengasosiasikan diri bersama klub FT 1844 Freiburg sehingga terbentuk sebagai departemen sepak bola. Walaupun SC Freiburg pernah keluar dari departemen sepak bola, namun pada akhirnya mereka kembali lagi. Ini terjadi tahun 1938.

Berakhir nya Perang Dunia II lada tahun 1945, ternyata sekutu tidak memudahkan klub bola yang ada di Jerman. Bahkan sempat ada kebijakan pembubaran klub-klub sepak bola, karena sekutu beranggapan klub sepak bola di  Jerman sangat erat kaitannya dengan NAZI. Barulah setelah benar-benar terbukti tidak ada kaitannya dengan NAZI, klub-klub bola itu bisa berdiri lagi.

Dengan modal tekat dan semangat juang tinggi pada musim 1978/1979 akhirnya Freiburg mampu menembus kasta kedua kompetisi sepak bola Jerman, dan sanggup masuk ke Bundesliga pada musim 1993/1994. Peran besar yang tidak bisa dilupakan Freiburg hingga bisa masuk Bundesliga tidak terlepas berkat racikan ciamik sang pelatih saat itu Volker Finke. Awal mereka bisa merasakan ajang Bundesliga tidak bisa terlepas dari peran besar Volker Finke.

Namun sampai sejauh ini klub Freiburg sendiri sempat beberapa kali terdegradasi dari Bundesliga, dan belum bisa memberikan performa terbaiknya. Lantaran belum ada prestasi yang bisa di gapai mereka. Sedangkan prestasi terbaik di Bundesliga saat mereka bisa berada di posisi kelima Bundesliga. Demikian sedikit informasi Profil dan Sejarah Klub SC Freiburg, semoga bisa berguna serta bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prediksi Bola Malam Ini