Profil dan Sejarah Klub Schalke 04

Profil dan Sejarah Klub Schalke 04, klub bola Schalke 04 merupakan sebuah klub bola yang bermarkas di Gelsenkirchen, yaitu sebuah daerah pertambangan yang ada di Jerman. Sebenarnya klub ini mempunyai beberapa cabang olahraga, tetapi dari beberapa cabang tersebut hanya sepak bola yang terkenal. Walaupun pada akhirnya beberapa cabang olahraga dari Schalke memisahkan diri dan memilih mandiri berdiri sendiri.

 

Klub bola ini mempunyai sebuah stadion yang biasa dipakai baik menjamu lawannya atau hanya sekedar latihan, Stadion Veltins-Arena, Gelsenkirchen. Stadion Veltins-Arena mampu menampung sekitar 61.000 penonton. Ini sesuai dengan barisan suporter Schalke yang selalu mendukung setiap laga pertandingan, bahkan sampai hari ini suporter setia mereka selalu bertambah, dan memadati stadion kebanggaan mereka.

 

Nama lengkap dari klub bola Schalke 04 sebenarnya adalah Fußball-Club Gelsenkirchen Schalke, mereka juga mempunyai bebrapa nama julukan Die Königsblauen (The Royal Blues) dan Die Knappen (The Miners).

 

Sejarah berdirinya klub bola Schalke 04, ini berawal dari sekelompok anak laki-laki yang merupakan pekerja dari sebuah tambang di daerah Gelsenkirchen, tepatnya pada tanggal 4 Mei 1904 mereka mendirikan sebuah klub sepak bola yang kemudian dikenal dengan nama Westfalia Schalke. Sebenarnya alasan kenapa anak laki-laki pekerja tambang di membuat klub tidak lain agar mereka bisa mendaftarkan diri sebagai peserta ke kompetisi pada masa itu.

 

Mereka juga sempat bergabung dengan klub senam yang dikenal dengan nama Turnverein 1877 Schalke. Namun pada tahun 1924 para pemain klub bola berpisah dengan pesenam dan mengubah nama klub menjadi FC Schalke. Inilah awal mulanya pertama kali nama Schalke di gunakan klub bola yang berasal dari daerah pertambangan di Jerman.

 

Penantian mereka membuahkan hasil setelah dilakukan merger organisasi olahraga, dan akhirnya bisa menjadi anggota liga. Schalke tetap sabar dan menunggu dengan terya berjuang untuk bisa mendapatkan gelar juara, akhirnya impian mereka menuai hasil pada tahun 1929 dan berhasil menjuarai Liga Jerman Barat.

 

Klub bola Schalke sendiri pernah mendapatkan sanksi, karena mereka memberikan gaji pada pemainnya yang melebihi ketentuan yang ditetapkan oleh liga pada saat itu. Dengan sanksi pelarangan bermain selam enam bulan. Setalah sanksi berakhir ternyata kedatangan Schalke sudah ditunggu-tunggu para penggemar nya, ini terbukti pada laga perdananya setelah terbebas dari sanksi mereka di tonton oleh puluhan ribu penonton, yang memadati stadion.

 

Ternyata Schalke tidak mau mengecewakan barisan suporter artinya, dan membuktikan diri dengan keberhasilan beberapa kali mendapatkan prestasi pada kisaran tahun 1933 sampai 1942. Dengan catatan sembilan kali masuk final dan mampu menjadi juara sebanyak enam kali pada tahun 1933, 1934, 1935, 1937,1939, dan 1940. Kemenangan yang paling mencengangkan bagi  The Royal Blues, saat mereka mengalahkan klub Admira Wira di final dengan skor 9 : 0 pada tahun 1939. Schalke kini terkenal menjadi rivalitas dari klub bola Borussia Dortmund, Schalke menjadi salah satu klub bola terbesar yang ada di Bundesliga Jerman.

 

Barisan suporter Schalke pasti sangat-sangat menantikan permainan terbaik dari Schalke dan mengulangi prestasi-prestasi terbaik yang pernah mereka torehkan. Ini menjadi imun bagi klub Schalke dan pastinya akan menunjukkan performa terbaiknya dalam setiap laga pertandingan.

 

Demikian sedikit informasi Profil dan Sejarah Klub Schalke 04, semoga bisa berguna serta bermanfaat untuk kita semua.

Recent search terms:

  • sejarah fc schalke 04 (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prediksi Bola Malam Ini