Profil dan Sejarah Klub VFB Stuttgart

Profil dan Sejarah Klub VFB Stuttgart, team sepak bola VFB Stuttgart merupakan salah satu klub bola terbesar yang ada di Jerman, bahkan VFB Stuttgart pernah menumbangkan raksasa Jerman seperti Muenchen. Mereka bermarkas di Stuttgart, dan mempunyai sebuah stadion yang dikenal dengan nama Stadion Mercedes-Benz Arena. Stadion temaot berlatih sekaligus bertanding bagi VFB Stuttgart mempunyai kapasitas penonton sekitar 60.441 ribu.

Beberapa julukan dari klub bola yang mempunyai nama lengkap Verein für Bewegungsspiele Stuttgart 1893, seperti julukan (Die Roten Die Schwaben Die jungen Wilden). Sebelumnya kota Stuttgart sangat terkenal dengan produk otomotif, namun belakangan Stuttgart juga terkenal baik dengan klub sepak bolanya.

Pada awal berdirinya sebenarnya VFB Stuttgart sebuah klub olahraga yang mempunyai dua cabang olahraga, yaitu sepak Bola dan rugby. Namun di tengah perjalanan klub rugby memisahkan diri dan menjadi klub mandiri, tepatnya pada tahun 1908. Dan akhirnya VFB Stuttgart hanya menjadi klub sepak bola.

Saat berlaga di kejuaraan nasional Jerman VFB Stuttgart sudah mendatangkan pelatih asing berkebangsaan Inggris yang berasal dari Manchester, tepatnya pada tahun 1924. Karena sebelumnya klub bola Stuttgart hanya mampu berkompetisi di turnamen wilayah atau Gauliga Wurttemberg (setara dengan divisi tiga). Dengan harapan bisa membangkitkan performa terbaiknya maka dari itu pelatih Tim Hennney di datangkan.

Selang beberapa tahun kemudian barulah penantian VFB Stuttgart membuahkan hasil, pada tahun (1930 dan 1940) mereka bisa menjuarai Divisi Dua. Namun pada masa itu VFB Stuttgart bukanlah satu-satunya klub sepak bola yang berasal dari kota Stuttgart, karena ada klub sekota mereka, yaitu Stuttgart Kickers. Namun di sini .mejadi ajang pembuktian bagi kedua klub asal Stuttgart itu, dan pada akhirnya VFB berhasil membuktikan bahwa merekalah yang terbaik, karena pada tahun 1949/1950 mereka berhasil menjadi juara Divisi Satu Jerman. Saat itu mereka di nahkodai seorang pelatih yang harus kehilangan tangan kirinya pada saat kecelakaan mobil, ia adalah Robert Schlienz. Pada musim berikutnya mereka mampu mempertahankan gelar juara, namun sayang saat untuk ketiga kalinya mereka mau menjuarai Stuttgart harus harus puas di posisi runner-up. Pada puncaknya sukses Stuttgart meraih gelar piala Jerman untuk pertama kalinya pada tahun 1954, mereka berhasil mengalahkan FC Cologne 1 : 0 di laga final.

Kompetisi liga Jerman menjadi liga profesional dan namanya diubah menjadi Bundesliga, perubahan ini pada tahun 1963. Salah satu nama dari 16 klub yang dianggap pantas bermain di Bundesliga adalah klub VFB Stuttgart. Namun mereka belum menunjukkan performa terbaiknya tetapi tidak buruk juga. Sedangkan pada  musim 1972/1973 klub bola ini mampu mengikuti Piala UEFA, bahkan Stuttgart bisa mencapai semi-final, dan harus terjegal oleh klub Feyenoord Rotterdam.

Stuttgart pernah mengalami kondisi terpuruk yaitu saat mereka harus terdegradasi dari Bundesliga pada tahun 1974/1975, kondisi Stuttgart sangat-sangat terpuruk pada saat itu. Tidak butuh waktu lama selang dua musim mereka mampu kembali promosi ke Bundesliga, ini tidak terlepas peran pelatih Jurgen Sundermann yang sejak kehadirannya membawa angin segar bagi klub ini. Tepatnya pada tahun 1976/1977 dengan Raihan yang mencengangkan, karena mereka berhasil meraih 100 gol dalam satu musim, jadi sangat wajar banyak yang menyebut inikah era kebangkitan Stuttgart. Perjuangan klub bola ini untuk meraih gelar juara Bundesliga akhirnya terwujud, pada musim 1983/1984, Stuttgart  berhasil menjuarai Bundesliga dibawah nahkoda pelatih Helmut Benthaus. Pada tahun 1989 Die Roten kembali masuk final Piala UEFA, namun harus mengakui kehebatan Napoli dan gagal meraih gelar juara internasional. Stuttgart kembali menjadi juara Bundesliga lada tahun 1991/1992, dengan menang selisih gol dari Dortmund karena Raihan poin kedua klub sama. Pada musim 2006/2007 Stuttgart lagi-lagi mampu menorehkan kemenangan dan menjadi juara Bundesliga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prediksi Bola Malam Ini