Profil dan Sejarah Klub VFL Wolfsburg

Profil dan Sejarah Klub VFL Wolfsburg, klub sepak bola VFL Wolfsburg merupakan salah satu klub sepak bola yang. bermain di ajang tertinggi sepak bola Jerman atau dikenal dengan Bundesliga, klub VFL Wolfsburg bermarkas di kota Wolfsburg, Jerman. Pada awal berdirinya klub bola ini lahir dari sebuah klub multi olahraga dari kalangan pekerja Volkswagen, yaitu sebuah anak perusahaan yang dimiliki Gruf Volkswagen secara penuh.

 

Klub bola ini pernah menjuarai Bundesliga Jerman 2008-2009, untuk pertama kalinya mereka berhasil menjadi juara ajang tertinggi sepak bola Jerman. Team kesebelasan yang mempunyai nama lengkap Verein für Leibesübungen Wolfsburg memiliki stadion tempat mereka berlatih dan juga bertanding yang dikenal dengan nama StadionVolkswagen Arena, stadium ini mempunyai kapasitas sekitar 30.000 penonton. Mereka juga di kenal dengan klub bola yang berjulukan Die Wölfe (Serigala) Radkappen (Wheel Covers).

 

Pemilik sah dari klub VFL Wolfsburg adalah Volkswagen AG, di ketuai oleh seorang presiden bernama Dr. Francisco Javier García Sanz. Sedangkan manajer dari klub Wolfsburg di percayakan kepada Dieter Hecking.

 

Kini Wolfsburg di perkuat dengan deretan nama-nama pemain, seperti Koen Casteels, William, Paul Verhaegh, Ignacio Camacho, Jeffrey Bruma, Riechedly Bazoer, Renato Steffen, Landry Dimata, Yunus Mallı, Daniel Didavi, Yannick Gerhardt, Divock Origi, Jakub Błaszczykowski, Ohis Felix Uduokhai, Victor Osimhen, Max Grün, Josip Brekalo, Admir Mehmedi, Josuha Guilavogui, Sebastian Jung, John Brooks, Justin Möbius, Maximilian Arnold, Marcel Tisserand, Robin Knoche dan sederet pemain lainnya.

 

Sejarah didirikan klub VFL Wolfsburg berawal pada tanggal 12 September 1945, klub bola ini berdiri dengan nama lengkap Verein für Leibesübungen Wolfsburg. Cikal bakalnya adanya klub Wolfsburg berawal dari klub multi-olahraga yang ada di perusahaan Volkswagen, yaitu sebuah klub olahraga anak perusahaan dari Gruf Volkswagen demi memberikan fasilitas olahraga bagi para pekerja nya.

 

Seiring berjalannya waktu ternyata olahraga sepak bola lebih mendominasi dari olahraga lainnya, sehingga klub multi-olahraga pekerja Volkswagen lebih dikenal dengan sepak bolanya. Dengan fasilitas penunjang dari perusahaan mereka mempunyai sebuah stadion sebagai markas kebanggaan Wolfsburg untuk berlatih dan menjamu setiap lawan-lawannya, stadion itu adalah Stadion Volkswagen Arena yang berkapasitas kurang lebih 30.000 penonton, dengan status kepemilikan penuh di pegang sang Pemilik perusahaan Volkswagen AG dan bergerak sebagai perusahaan raksasa produsen mobil kelas dunia.

 

Namun dalam rentan waktu yang tak berapa lama sejak berdiri pada tanggal 12 September 1945, atau dikenal setelah Perang Dunia II, klub baru dibentuk dengan nama VSK Wolfsburg. Ternyata dampak dari Perang Dunia II dirasakan mereka, sehingga terjadi krisis pada tahun pertamanya. Di tengah krisis yang dirasakan mereka, beberapa pemain mulai beralih ke klub sekota, seperti FC Wolfsburg, dan hanya tersisa Josef Meyer. Tetapi ia terus berusaha untuk bisa bangkit dari keterpurukan yang dilanda klub dan mulai membangun kembali dengan bantuan dari Willi Hilbert.

 

Barulah mereka berdua mulai permainan mendatangkan pemain-pemain baru dengan sedikit merubah nama klub sepak bola menjadi VFL Wolfsburg, akhirnya perjalanan panjang menghadapi krisis yang dialami berhasil mereka lewati. Walaupun membutuhkan waktu lama akhirnya mereka masuk ke Bundesliga II musim 1992-1993. Pada tahun 1995 perjuangan mereka membuahkan hasil setelah mencapai final Piala Jerman tahun 1995, sehingga Die Wolfe mulai banyak dikenal publik sepak bola Jerman. Barulah pada tahun 1997 mereka baru menembus liga profesional tertinggi Jerman, yaitu Bundesliga I.

 

Berbicara prestasi di Bundesliga I, mereka berhasil meraih gelar juara untuk pertama kalinya pada musim 2008-2009. Tetapi menjadi juara Bundesliga bukanlah satu-satunya prestasi VFL Wolfsburg karena ada beberapa prestasi lainnya di luar Bundesliga I, seperti menjadi juara DFB Pokal lada musim 2012-2013 dan beberapa prestasi lainnya.

 

Demikian sedikit informasi Profil dan Sejarah Klub VFL Wolfsburg, semoga bisa menambah pengetahuan tentang dunia sepak bola kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prediksi Bola Malam Ini