Profil dan Sejarah Persebaya Surabya

Profil dan sejarah Persebaya Surabaya, klub sepak bola Persebaya Surabaya atau dikenal dengan sebutan Persatuan Sepak bola Surabaya adalah salah satu team sepak bola yang ada di Indonesia, Persebaya bermarkas di Surabaya, Jawa Timur.

Persebaya Surabaya memiliki suporter fanatik yang dikenal dengan barisan suporter Bonek Mania atau Bondo Nekat, karena barisan suporter ini memang mempunyai kefanatikan tingkat tinggi terhadap klub Persebaya dan siap mendukung team kesayangannya melakoni laga baik tandang maupun kandang.

Klub Sepak Surabaya mempunyai sejarah panjang di kancah persepakbolaan Indonesia, ini berawal dari berdirinya klub sepak bola Persebaya pada tanggal 18 Juni 1927 yang didirikan oleh Paijo dan M. Pamoedji. Pada awal sejarh berdiri, klub bola ini bernama Soerabhaiasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB), saat itu juga di Surabaya ada beberapa klub bola lainnya, seperti Sorabaiasche Voebal Bond (SVB), bonden (klub) dan para pemainnya bersal orang-orang Belanda yang berada di Surabaya.

Sama halnya klub sepak bola Indonesia yang mempunyai peran besar dalam membidani kelahiran PSSI, SIVB juga memberikan kontribusi besar dalam kelahiran organisasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia. Nama-nama klub bola yang memiliki peran pada tanggal 19 April 1930, seperti VIJ Jakarta, BIVB Bandung (sekarang Persib Bandung), MIVB (sekarang PPSM Magelang), VVB (Persis Solo), MVB (PSM Madiun), PSM (PSIM Yogyakarta). Pertemuan itu dilaksanakan  di Societeit Hadiprojo Yogyakarta, dan SIVB diwakili oleh M. Pamoedji.

Barulah setahun kemudian berhasil dilaksanakan kompetisi tahunan antar kota (perserikatan). Pada tahun 1938 Soerabhaiasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB) berhasil memasuki final meski dalam laga final itu mereka kalah dari VIJ Jakarta.

Namun pada tahun 1943 klub bola SIVB berganti nama menjadi Persatuan Sepak Bola Indonesia Soerabaja atau disingkat Persibaja, dan diketuai oleh Dr. Soewandi. Team kesebelasan Persibaja berhasil memberikan performa terbaiknya dan meraih gelar juara pada tiga musim berturut-turut pada tahun 1950, 1951 dan 1952.

Barulah setelah itu tepatnya tahun 1960, nama Persibaja berubah menjadi Persatuan Sepak Bola Surabaya (Persebaya). Namun diakhir tahun 2010, klub Persebaya terjadi kisruh di tubuh internal sehingga klub ini terpecah menjadi dua team. Kedua team itu adalah Persebaya di bawah komando Saleh Ismail Mukadar yang mengikuti kompetisi Liga Primer Indonesia dan Persebaya yang berkompetisi di Liga Primer Indonesia dengan menambah namanya menjadi Persebaya 1927.

Setelah PSSI melegalkan kompetisi IPL dan Divisi Utama, tepatnya tahun 2011 yang dikelola oleh PT LPIS sedangkan Divisi Utama yang dikelola oleh PT Liga Indonesia dan PSSI menganggap kompetisi ISL ilegal. Tetapi kubu Saleh Mukadar tetap menggunakan nama Persebaya 1927 dan tidak mengganti kembali nama menjadi Persebaya Surabaya yang sudah sangat bersejarah tersebut.

Di ajang IPL tahun 2012, Persebaya 1927 gagal meraih Juara IPL setelah kalah dari klub bola Semen Padang FC.

Bedahalnya Persebaya dari kubu Wisnu Wardhana tetap menggunakan kembali nama Persebaya Surabaya, mereka juga tetap mengikuti Divisi Utama Liga Indonesia. Namun mereka juga Persebaya Surabaya Divisi Utama Liga Indonesia tidak berhasil menembus kompetisi ISL 2013.

Di akhir tahun 2012 Persebaya Divisi Utama melakukan pergantian Ketua Umum dari Wishnu Wardhana ke Diar Kusuma Putra, dan sekaligus memayungi badan hukum dari Persebaya di PT Mitra Muda Inti Berlian yaitu gabungan dari pengusaha-pengusaha muda asli Surabaya.

Di tahum 2013 PSSI akhirnya memutuskan hanya mengakui klub bola Persebaya Surabaya sebagai anggota PSSI yang sah dan tidak mengakui keberadaan Persebaya 1927, keputusan ini kembali ditegaskan di Kongres PSSI tanggal 17 Mei 2013 dan pada akhirnya hanya ada satu klub yaitu Persebaya Surabaya Divisi Utama. Pada tahun 2013 mereka juga berhasil keluar menjadi Juara Divisi Utama sehingga di promosi kan ke Indonesia Super League tahun 2014.

Itulah sedikit info profil dan sejarah Persebaya Surabaya, semoga bisa menambah pengetahuan kita semua dikancah persepakbolaan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prediksi Bola Malam Ini