Profil dan Sejarah Persipura Jayapura

Profil dan Sejarah Persipura Jayapura, Persatuan Sepak Bola Indonesia Jayapura atau disingkat Persipura Jayapura adalah sebuah team sepak bola yang berjuluk Mutiara Hitam, Persipura Jayapura bermarkas di Jayapura, Papua. Klub bola ini berdiri pada tahun 1963, dalam setiap latihan dan tanding mereka selalu memakai stadion Mandala. Stadion yang berkapasitas 40.000 penonton ini menjadi kandan bagi Mutiara Hitam.

 

Persipura Jayapura merupakan klub sepak bola yang sampai hari banyak melahirkan para pemain berkualitas, baik secara skil maupun fisik. Bahkan para pemain didikan mutiara Hitam banyak di lirik klub bola luar negeri, beberapa pemain itu diantaranya, seperti; Boaz Solossa, Ardiles Rumbiak, Christian Warobay, Erol Iba, Gerald Pangkali, Jack Komboy, Yohanes Auri, Stevie Bonsapia, Titus Bonai, Jendri Pitoy, Eduard Ivakdalam, Ricardo Salampessy dan Patrich Wanggai, Chris Yarangga. Wajar jika Persipura Jayapura tidak pernah absen berkontribusi menyumbangkan pemain Timnas Indonesia, karena pemainnya memang mempunyai skil serta fisik yang tidak usah diragukan lagi.

 

Beberapa prestasi yang pernah dicapai klub bola Persipura Jayapura pada kompetisi sepak bola tanah air, diantaranya klub bola Persipura Jayapura pernah menjadi juara Liga Indonesia sebanyak empat kali yaitu, pada tahun 2005, 2009, 2011 dan 2013. Sedangkan di era Perserikatan Persipura Jayapura hanya pernah menjadi  runner-up Divisi Utama pada tahun 1980, namun Persipura Jayapura berhasil menjadi juara divisi I sebanyak dua kali pada tahun 1979 dan 1993.

 

Team sepak bola kebanggaan masyarakat Papua ini mempunyai basis suporter yang diberi nama Persipura Mania atau The Comen’s yang berdiri pada tahun 2003, basis suporter Persipura terdiri dari 18 elemen suporter dan kelompok suporter yang dikenal dengan nama kelompok suporter Ultras Black Pearl Curva Nord, kelompok suporter ini berdiri pada tanggal 6 Agustus 2017 dan bermarkas di Jayapura.

 

Sejarah lahirnya klub sepak bola kebanggan masyarakat bumi Cendrawasih atau dikenal dengan Persipura Jayapura berawal dari beberapa orang yang mempunyai niatan untuk bisa membuat sebuah wadah yang bisa mempersatukan semua perserikatan di bumi Cendrawasih dan tujuannya tidak lain agar bisa mengorganisir para pemuda Papua serta bisa memberikan ruang bagi pemuda-pemuda Papua lewat permainan sepak bola.

 

Karena dalam pergumulannya bumi cendarawasih kisaran tahun 1962 dilanda situasi politik yang sangat berat. Situasi politik Indonesia tentunya berdampak sangat berat bagi masyarakat Papua, keadaan itu merupakan akibat dari (Trikora) keadaan inilah yang membuat beberapa orang asli Papua mempunyai niatan untuk bisa menyatukan beberapa perserikatan yang ada di tanah Papua, sehingga bisa sama-sama memberikan upaya maksimal dalam memberikan ruang bagi pemuda-pemuda Papua lewat dunia persepakbolaan.

 

Atas dasar beberapa hal diataslah maka pada pertemuan beberapa orang yang mendukung dibentuknya sebuah wadah bagi pemuda-pemuda papua, pertemuan itu terjadi pada tanggal 25 Mei 1965 dan secara resmi juga oada pertemuan itu disepakati dibuat sebuah klub bola “Persatuan Sepak Bola Jayapura” atau dikenal dengan singkatan Persipura.

 

Jika diawal artikel ini kami mengatakan Persipura lahir pada tahun 1963, ini tidak lain menghitung dari embrio cikal bakal lahirnya Persipura, sedangkan deklarasi resmi sebagai lahirnya Persatuan Sepak  Bola Jayapura barulah pada tgl 25 Mei 1965.

 

Itukah sedikit gambaran profil dan sejarah Persipura Jayapura, semoga bisa menambah sedikit pengetahuan serta wawasan anda semua para penggemar sepak bola Indonesia.

Recent search terms:

  • sejarah persipura jaya pura (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prediksi Bola Malam Ini