Sponsor Klub Dibalik Kesuksesan Sepak Bola Indonesia

Sponsor klub menjadi suatu elemen penting dalam sebuah tim kesebelasan. Biasanya ada beberapa klub yang mencari sponsor-sponsor elite untuk keberlangsungan timnya.

Walaupun dunia sepak bola menuai banyak masalah, positif dan negatifnya liga yang digelar di kancah nasional ini tidak menyurutkan pihak sponsor untuk terus menggelontorkan dana ke klub kesebelasan yang bekerja sama dengannya.

sponsor klub

Banyak pihak yang ingin terlibat di panggung pesepak bolaan Indonesia, walaupun banyak masalah yang terjadi di dunia sepak bola nusantara, namun tak menyurutkan pihak-pihak ingin menjadi bagian di sepak bola Indonesia. Mungkin dengan banyaknya masalah maka semakin dikenal oleh masyarakat para pelaku di belakang kesebelasan.

Lihat saja saat pemilihan ketua umum PSSI, banyak pihak yang berebutan posisi tersebut, karena mungkin dinilai sepak bola Indonesia mampu membuat seseorang menjadi viral. Faktor inilah yang membuat mereka yang mempunyai pundi-pundi uang mulai melirik bisnis di dunia sepak bola.

Sepak bola Indonesia yang hangat diperbincangkan karena masalah intern dan juga masalah-masalah lainnya membuat suatu hal positif dengan tertariknya pihak sponsor untuk bekerja sama dengan salah satu tim kesebelasan sepak bola Indonesia. Dengan maksud dan tujuan dari sponsor klub tersebut adalah semakin ramainya pemberitaan semakin banyak orang melihat nama dari sponsor itu.

Sponsor Klub Penting untuk Kesuksesan Tim

Pendukung Klub

Banyak sekali tim-tim sepak bola di Indonesia umumnya mengalami banyak permasalahan. Umumnya timbul  karena  intern klub, contoh yang paling sering terjadi adalah masalah keuangan. Banyak klub-klub yang harus bubar karena tidak mampu menyewa pemain atau bahkan tidak mampu menggaji pemain.

Walaupun banyak klub daerah yang pembiayaannya masuk ke dalam anggaran APBD namun dana yang digontorkan pemerintah masih kurang bahkan masih jauh dari dana yang harus dibayarkan. Permasalahan ini lah yang biasanya menjadi pemicu satu , dua bahkan banyak klub yang tidak bisa bertahan.

Pengurus tim pun banyak yang mencari tambahan-tambahan dana dari pihak luar pengurus. Misalkan dengan mencari sponsor klub. Jangan heran kalau melihat jersey para pemain di lapangan penuh dengan foto-foto produk. Semakin banyak foto produk yang terpasang itu artinya banyak pulsa sponsor yang bergabung dengan klub tersebut.

Promo dari sponsor ini bukan hanya di jersey tapi bisa di tempat lain, namun di bagian jersey paling depan inilah nilai uang yang digelontorkan oleh sponsor tersebut juga sangat besar. Sponsor klub mengambil untung di sini dengan banyaknya orang yang melihat para pemain memakai jersey kebanggaannya semakin terkenal pula nama produk dari sponsor tersebut.

Masih Harus Didukung Banyak Sponsor

Klub sepak bola di Indonesia belum mampu mempunyai satu sponsor utama seperti halnya klub-klub sepak bola di luar negeri. Hal ini karena mereka belum mau menanamkan modal besar di salah satu klub, karena dinilai klub Indonesia belum mampu bersinar di kancah dunia.

Untuk sebuah tim kalau hanya mengandalkan satu sponsor mereka belum mencukupi kebutuhan operasionalnya, seperti gaji pemain, gaji pelatih, akomodasi untuk mes pemain, sampai biaya untuk bertanding tandang.

Sponsor menentukan sebuah klub yang ingin mereka ajak kerja sama biasanya dilihat dari segi suporter, pemain bintang, liga yang dijalani, prestasi dan juga nama besar dari klub tersebut. Suporter yang banyak dan fanatik biasanya menarik para sponsor untuk menaruh investasinya di klub tersebut.

Salah satu sponsor yang berhasil meraup pundi-pundi uang adalah Torabika.  Banyak klub yang bekerja sama dengan sponsor ini. Dana yang dialirkan pun berbeda-beda biasanya untuk klub di liga 1 antara satu sampai lima miliar sedangkan untuk klub di liga 2 kurang dari 1 miliar.

Sedangkan untuk satu musim pertandingan setiap klub harus menyiapkan dana mencapai tiga puluh miliar. Hal ini lah yang memicu satu klub memiliki banyak sponsor yang mampu menopang biaya pengeluaran untuk setiap pertandingan  .

Sponsor klub sangat berpengaruh dengan kesuksesan sebuah klub sepak bola. Salah satunya adalah klub dari Jawa Barat, Persib Bandung yang mampu menjadi klub terkaya di musim 2017.

Recent search terms:

  • klub banyak sponsor liga 1 (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prediksi Bola Malam Ini